Posted by: iramustika | May 6, 2008

Resiko Audit & Materialitas

Audit merupakan sebuah proses pengumpulan dan evaluasi bukti-bukti tentang informasi dari sebuah laporan keuangan suatu entitas, yang dilakukan oleh seorang yang independen dan kompeten di bidangnya. Sedangkan tujuan dari audit itu sendiri adalah memberikan opini kewajaran atas sebuah laporan keuangan. Opini wajar dapat diberikan bila memenuhi beberapa hal sbb :

  1. Laporan keuangan disusun berdasarkan SAK (Standar Akuntansi Keuangan)
  2. SAK diterapkan secara konsisten
  3. Tidak terdapat salah saji yang material

Tidak terdapat salah saji yang material berarti kesalahan yang mungkin timbul dalam laporan keuangan jumlahnya tidak material sehingga tidak akan mempengaruhi pengambilan keputusan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan tersebut. Jumlah kesalahan yang tidak material biasanya ditentukan oleh auditor berdasarkan pertimbangan profesional. 

Auditor perlu menetapkan tingkat materialitas untuk membantu dalam merencanakan pengumpulan bahan bukti yang cukup. Auditor juga menyadari bahwa ada sebuah ketidakpastian tertentu dalam mengumpulkan bahan bukti, seperti kompetensi dari bahan bukti tersebut. Ada resiko tertentu bagi auditor dalam mengumpulkan bahan bukti yang terbagi menjadi 3, yaitu :

  1. Resiko Bawaan (Inherent Risk) yaitu kerentanan suatu saldo akun atau golongan transaksi terhadap suatu salah saji yang material. Biasanya resiko ini telah ada dari awal dikarenakan sifat bisnis dari entitas yang bersangkutan.
  2. Resiko Pengendalian (Control Risk) merupakan resiko yang baru akan muncul dan terdeteksi pada saat pemeriksaan internal control. Entitas yang rentan akan fraud biasanya internal controlnya lemah.
  3. Resiko Deteksi (Detection Risk) adalah resiko yang muncul karena auditor tidak mampu menemukan kesalahan dikarenakan kurang menggunakan tehnik atau prosedur yang memadai atau kurangnya pengetahuan auditor.
About these ads

Responses

  1. kurang lengkap

  2. salam kenal mbak ira, saya baru masuk dalam jajaran pengawasan di instansi saya yaitu di Perum Bulog baru satu satu bulan dan baru juga buka website cari artikel yang menyangkut tentang fraud audit (karena saya tidak punya latar belakang akuntansi ataupun auditor ) sampai nyasar di bloknya mbak ira untuk itu saya akan ikuti baca tulisan mbak ira. selamat nulis terus.

  3. salam kenal juga….
    terima kasih udah mampir, saya akan berusaha untuk tetep nulis…

  4. kurang lengkap,,
    tapi bagus ko,,
    keep posting mba,,
    semangat,,tulisan mba banyak yg bagus ko


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: