Posted by: iramustika | December 5, 2007

Osteoporosis & Kopi

 Hm… judulnya berat niy, tapi tenang aja, gw ga akan ngebahas hal yang beratin otak, secara gw juga ga ngerti banget dengan hal yang satu itu.

Jadi ceritanya, minggu lalu tepatnya hari sabtu gitu, gw pergi ke carefour, yah sekedar cuci mata deh, liat2 barang murah apa lah. Nah, begitu sampe dibagian susu ( kebetulan gw emang nyari susu Hi-lo), rupanya Hi-lo lagi ngadain kek semacam promo Hi-lo teen, yang genrenya khusus untuk remaja <19 th gituh, trus ada juga Hi-lo Soleha, yang konon katanya menurut mbak2 SPGnya, Hi-lo soleha itu ditujukan buat konsumen yang berkerudung ( secara cover kotaknya aja cewek pake jilbab gitu).

Begitu gw ambil satu (Hi-lo active.red), mbak SPGnya nawarin untuk ikut tes kepadatan tulang, gratissss dari Hi-lo plus ada konsultasi segala sama dokternya. Oke deh, iseng2 gw ikut aja. Begitu diperiksa, hasil kepadatan tulang gw -1.8.

Weks… gak ngerti dunk gw….! Ibu Dokter pun menjelaskan klo angka -1.8 itu sudah berada di rentang osteopenia ( -2-0) atau pra osteoporosis. Dan kalo tidak menambah asupan kalsium, maka bisa dipastikan, kepadatan tulang gw akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Dan gw baru tau, kalo kopi mempunyai andil yang cukup besar dalam penurunan kepadatan tulang gw. Makanya bu Dokter, menyarankan gw untuk mengurangi kopi atau malah berhenti mengkonsumsi salah satu temen dekat pisang goreng itu. Dan sebagai gantinya, rajinlah minum susu Hi-lo sehari 2x,  promosi banget ga seh?? jangan2 tuh dokter sebenernya orang marketing lagi🙂

Akhirnya….. gw mulai rajin minum susu dan sedikit demi sedikit mengurangi kopi, huhuhuhu… walopun ga rela…. coz i love coffee more than my life (halah…!!!! bener ga seh bhs inggris gw???)


Responses

  1. Gue juga sedih mendengar kenyataan ini :((
    Kopi adalah satu-satunya minuman yang bisa bikin gue bener-bener jatuh cinta….!

    Sayang 2 bulan lalu gue divonis dokter kena osteoporosin jadinya sekarang gue ga boleh minum koppi lagi :((

    Gu kangen kehangatan dan rasa kopi di mulut gue tapi mau gimana lagi… gue ga bisa mengabaikan tulang gue kan? mana berasa banget kaki suka kadang kehilangan keseimbangan :((

    I’m sorry goodbye coffee!!! :(( Hiks

  2. Wwaduh… turut berduka ya ga bisa minum kopi lagi, Gw juga berusaha ngurangin dikit2 walopun ga bisa total ninggalin kopi…

  3. Aku bingung tentang kopi dan osteoporosis, dari data yang saya baca ada yang bilang mengurangi resiko osteoporsis tapi ada juga yang bilang memadatkan tulang, jadi yang bener gimana yah?? mungkinkan ada standar minimal atau maksimal minum kopi yang bisa menyebabkan osteoporosis ???????????


Leave a Reply

Categories

