Posted by: iramustika | March 17, 2008

Ngitung sendiri bunga atas simpanan di bank

Hari gini, sebuah Bank sudah bukan merupakan lembaga yang asing bagi masyarakat umum. Bank amat akrab dengan semua kalangan masyarakat, baik menengah atas sampai menengah bawah.

Ada yang menggunakan bank sebagai alat untuk menyimpan kekayaaan, karna hari gini kan udah ga mungkin banget nyimpen duit di bawah kasur or celengan ayam, ya ga sih? Dan ada juga yang menggunakan bank sebagai sarana untuk menjalankan bisnis atau hanya sekedar tempat transit uang gaji tiap bulan. Apapun bentuknya, bank telah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat.

Timbal balik atas kerelaan masyarakat untuk menyimpan uangnya di bank adalah bunga yang setiap bulannya akan diperhitungan oleh bank. Ada beberapa cara dalam menghitung bunga bank :

  1. Floating

Ilustrasinya seperti berikut. Saldo tabungan sebuah bank selama bulan januari :

  1 Jan Rp. 3.000.000

11 Jan Rp. 5.000.000

23 Jan Rp. 6.800.000

28 Jan Rp. 5.500.000

Dengan tingkat suku bunga sbb :

1 Jan      21%

8 Jan      20%

15 Jan      20.5%

20 Jan      21%

25 Jan      22%

Taxes 15%

Cara menghitungnya sedikit cukup ribet bila dibandingkan dengan dua metode yang lainnya. Caranya sbb :

Jumlah Saldo

Tanggal Mengendap

Lama hari

       3.000.000

01-Jan

11-Jan

10

       5.000.000

11-Jan

23-Jan

12

       6.800.000

23-Jan

28-Jan

5

       5.500.000

28-Jan

31-Jan

3

 

Jumlah Saldo

Tanggal Mengendap

Lama hari

Bunga

Perhitungan

       3.000.000

01-Jan

08-Jan

7

21%

12.250,00

       3.000.000

08-Jan

11-Jan

3

20%

5.000,00

       5.000.000

11-Jan

15-Jan

4

20%

11.111,11

       5.000.000

15-Jan

20-Jan

5

20,5%

14.236,11

       5.000.000

20-Jan

23-Jan

3

21%

8.750,00

       6.800.000

23-Jan

25-Jan

2

21%

7.933,33

       6.800.000

25-Jan

28-Jan

3

22%

12.466,67

       5.500.000

28-Jan

31-Jan

3

22%

10.083,33

 Total Bunga selama Januari

81.830,56

 Pajak atas bunga 15%

12.274,58

 Total dikredit ke rekening nasabah

69.555,97

 

 

 

 

 

 

Bunga dihitung dengan rumus : Saldo x bunga x lama hari/360

Contoh : 3.000.000*21%*7/360 = 12.250

  1. Bunga dihitung berdasarkan lamanya saldo mengendap dengan tingkat suku bunga yang tetap

Bunga ditetapkan 20% selama bulan Januari dengan pajak 15%.

 

Jumlah Saldo

Tanggal Mengendap

Lama hari

Bunga

       3.000.000

01-Jan

11-Jan

10

16.666,67

       5.000.000

11-Jan

23-Jan

12

33.333,33

       6.800.000

23-Jan

28-Jan

5

18.888,89

       5.500.000

28-Jan

31-Jan

3

9.166,67

 Total bunga

78.055,56

 Pajak 15%

11.708,33

 Total dikredit ke rekening nasabah

66.347,22

Perhitungan bunga sama dengan Floating dengan bunga yang tetap yaitu 20%

  1. Bunga dihitung berdasarkan saldo terendah yang muncul dalam suatu periode dengan kategori suku bunga yang telah ditetapkan.

Bunga ditetapkan 21%. Perhitungan dalam metode ini hanya mengambil jumlah saldo terendah selama bulan ybs yaitu Rp. 3.000.000

Rp. 3.000.000*21%*1/12            = Rp. 52.500

Taxes 15%                               = Rp. 7.875

Nah, udah tau kan gimana ngitung sendiri bunga bank? Coba deh iseng2 itung sendiri bunga tabungan kamu, kira2 bank kamu menggunakan metode yang mana????

Selamat mencoba.


Responses

  1. makasih ya .. >

    ntar aku coba ngitung bunga tabungan aku …
    tapi kalau seandainya ga` sama yang di hitung sama bank gimana ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: